ANALISIS JURNAL
Disusun oleh :
Dwi Anggraini 22211224
Linda Fatmawati Alfi 28211700
Oktavia Rahmi 25211450
Kelas : SMAK 05
JUDUL : COMPARATIVE ADVANTAGE: THEORY,
EMPIRICAL MEASURES AND CASE STUDIES
PENGARANG : TRI WIDODO
A.
Latar Belakang
Penulis menulis jurnal tersebut bertujuan
untuk mengkaji konsep dan langkah – langkah empiris keunggulan komparatif.
Menurut penulis alat yang cocok untuk menganalisis keunggulan komparatif dari
catchingup ekonomi, seperti ASEAN (Perhimpunan Bangsa Bangsa Asia Tenggara)
dapat dilihat dari dua sudut pandang yaitu daya saing
internasional dan neraca perdagangan negara itu.
Dalam teori keunggulan komperatif
menurut Model Ricardian Prinsip keunggulan komparatif mendalilkan bahwa
suatu bangsa akan mengekspor barang atau jasa di mana ia memiliki keuntungan
komparatif terbesar dan impor mereka di mana setidaknya memiliki keuntungan
komparatif.
B.
Masalah
Keunggulan
komparatif suatu negara mungkin berubah karena perubahan penawaran dan sisi
permintaan baik di pasar domestik dan internasional. Pasokan sisi yang
berhubungan dengan PPF, sedangkan, sisi permintaan terkait dengan preferensi
masyarakat. Dalam hal ini, Echevarria (2008) menemukan bahwa dalam jangka
panjang, keunggulan komparatif didorong oleh produktivitas faktor diferensial
total (TFP). Hal ini menjelaskan fakta bahwa negara-negara berkembang
cenderung mengekspor komoditas primer walaupun mereka tidak kurang padat
modal. Selain itu, non-homothetic preferensi menyiratkan negara lebih
sedikit mengekspor komoditas primer saja atau sebagian besar karena ekonomi
global berkembang.
Langkah-langkah untuk
"mengungkapkan" keunggulan komparatif negara penulis melihat dari
sisi rasio ekspor, rasio impor, rasio perdagangan bersih,rasio produksi untuk
konsumsi. Menggunakan "PRODUK
PEMETAAN" untuk menganalisis keuntungan komparatif pertama penulis melihat
dari sudut pandang domestik, yang menyebabkan produk diekspor sebagai
produk ekspor yang dapat memberikan jumlah yang lebih besar dari devisa bagi
perekonomian domestik. Dari makroekonomi standar identitas Y = C + I + G +
(XM), dimana Y, C, I, G, X dan M adalah output, konsumsi, investasi,
pengeluaran pemerintah, ekspor dan impor, masing-masing, itu jelas menunjukkan
bahwa trade-balance (XM) adalah salah satu sumber pertumbuhan output
(Y). Produk tersebut dapat dianggap sebagai valuta asing pencipta bagi
perekonomian domestik. Kedua, dari sudut pandang persaingan internasional,
terkemuka diekspor produk produk yang memiliki keunggulan komparatif tinggi di
internasional pasar. Sebuah produk ekspor tertentu menjadi ekspor utama
jika pangsa dalam total ekspor dunia adalah dominan.
Penulis membuat alat
analisis "Produk pemetaan", yang cocok untuk
menganalisis catching-up negara keunggulan komparatif. Maka alat
analisis ini diterapkan untuk memeriksa
Negara ASEAN ekspor. Penulis menyimpulkan bahwa ada
hubungan positif antara keunggulan komparatif dan neraca
perdagangan. Semakin tinggi perbandingan keuntungan dari produk
tertentu, semakin tinggi kemungkinan suatu negara sebagai sebuah netexporter
menjadi. Hal ini sangat mendukung teori
keunggulan komparatif.
C.
Metodologi
Penulis menggunakan
data ekspor dan impor yang diterbitkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)
yaitu PBB Perdagangan Komoditi Statistik Database (UNCOMTRADE). Maka penulis dapat membuat alat
analisis yaitu "Produk pemetaan", yang cocok untuk
menganalisis catching-up negara keunggulan komparatif dan setelah
diterapkan untuk memeriksa Negara ASEAN ekspor.
D.
Variabel
1.1.Introduction
2.
ITERATURE
REVIEW: FROM STATIC TO DYNAMIC COMPARATIVE ADVANTAGe
2.1.The Ricardian model
2.2.Neoclassical comparative advantage
2.3.Dynamic comparative advantage
3. VARIOUS EMPIRICAL MEASURES OF COMPARATIVE ADVANTAGE
3.1.Catching-up economies: dynamic comparative advantage
3.2.Quantitative measures to “reveal” countries’
comparative advantage
4. “PRODUCTS MAPPING” FOR ANALYZING COMPARATIVE ADVANTAGE OF THE CATCHING-UP
ECONOMIES
4.1.Leading exports: two points of view
4.2.Two indicators of comparative advantage: “Products Mapping”
5. The empirical results
5.1.Data
5.2.Products mapping: the ASEAN countries’ exports
6. Conclusions
E.
HASIL
Dari
data tersebut menunjukkan jumlah rata-rata produk di Grup A, B, C dan D dari
"pemetaan produk" untuk negara-negara ASEAN untuk
1976-2005. Sekitar 66,8 persen dari jumlah produk ASEAN diekspor berada di
Grup E (produk tidak memiliki keunggulan komparatif, dan negara adalah sebagai
jaring importir). Dan ada sekitar 16 persen, 14 persen dan 3 persen dari
jumlah masing –masing produk di Grup A, D dan C. Grup B adalah kelompok
yang sedikit berbeda, karena terdiri dari produk, yang memiliki keunggulan
komparatif tetapi negara sebagai importir bersih. Dibandingkan dengan
negara lain, Singapura memiliki tertinggi sebagian produk berbaring dalam
kelompok ini yaitu 14 produk (6%). Hal ini terjadi karena Singapura
sebagai pusat penyaluran barang untuk negara-negara lain, terutama
negara-negara ASEAN. Singapura memiliki keunggulan kompetitif yang sangat
tinggi di sektor jasa, seperti pengiriman, perbankan, dll dll; sehingga dia
dapat melakukan re-ekspor kegiatan efisien. Akibatnya, mereka kembali
mengekspor produk dan masih memiliki perbandingan keuntungan dalam pasar
internasional. Dominasi Grup D dan A (bersama-sama sekitar 82,8 persen
dari jumlah produk) menunjukkan hubungan yang kuat antara keunggulan komparatif
dan posisi suatu negara dalam internasional pasar, sebagai importir bersih-atau
net-eksportir.
Maka penulis dapat membuat alat
analisis yaitu "Produk pemetaan", yang cocok untuk menganalisis catching-up negara
keunggulan komparatif dan setelah diterapkan untuk memeriksa
Negara ASEAN ekspor. Penulis menyimpulkan bahwa ada
hubungan positif antara keunggulan komparatif dan neraca
perdagangan. Semakin tinggi perbandingan keuntungan dari produk
tertentu, semakin tinggi kemungkinan suatu negara sebagai
sebuah netexporter menjadi. Hal ini sangat mendukung teori
keunggulan komparatif.
0 komentar:
Posting Komentar